Pengertian Canopy Carport


Tahukah Anda bahwa carport memiliki kisahnya sendiri? Carport tak semata-mata muncul karena minimnya lahan yang tersedia. Kisahnya bisa ditelusuri dari bagaimana kata carport terbentuk pertama kalinya. Kata ini pertama kali dipopulerkan oleh arsitek terkenal, Frank Lloyd Wright, sekitar tahun 1936. Bagi Frank, sebuah mobil bukanlah kuda yang membutuhkan kandang, sehingga tidak membutuhkan tempat perlindungan yang rumit. Menurutnya, carport memberi perlindungan yang lebih dari cukup karena mobil telah dibuat dengan teknologi yang baik. Hal ini bisa dipahami dengan melihat kondisi pada masa itu yang jauh berbeda dengan kondisi saat ini. Pengaruh cuaca terhadap kondisi fisik mobil serta tingkat pencurian kendaraan bukanlah hal yang perlu dirisaukan seperti sekarang. Pada masa itu, fasilitas perlindungan mobil yang berupa carport merupakan suatu kemewahan tersendiri.
Saat ini, carport sering diartikan sebagai garasi sementara. Menilik pada asal katanya dalam bahasa Inggris, carport yang terbentuk dari kata car dan port, dapat diartikan sebagai sebuah ruang tempat memarkir mobil. Pengertian lain dari carport mengacu pada fungsinya sebagai naungan tempat parkir mobil, atap tambahan untuk perlindungan mobil, atau suatu struktur yang digunakan untuk memberi perlindungan tertentu bagi kendaraan terutama mobil. Pada prinsipnya, beberapa pengertian tersebut mengacu pada pengertian carport sebagai sebuah fasilitas berupa ruang yang terbentuk dari struktur atap tertentu yang berfungsi untuk menyimpan kendaraan.

Apa fungsi utama carport, fungsinya adalah sebagai tempat mobil berteduh. Namun juga bisa berfungsi sebagai peneduh halaman atau bisa saja hanya untuk menambah nilai tampilan rumah.


Carport, jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia adalah tempat berlabuhnya mobil (tempat mobil), carport terletak di sisi luar rumah. Berbeda lagi jika berada didalam rumah, biasanya kita sebut garasi (garage).



Oleh karena lokasinya berada diluar tersebut, carport langsung berhadapan dengan jalan dan terlihat langsung dari jalanan. Desain yang menawan dan setetis menjadikan carport dapat terlibat sebagai elemen percantikan pada fasad rumah.



Untuk membuat carport, kita tidak harus memilih model desain yang ribet. Cukup yang sederhana saja, asalkan sesuai dengan tampilan rumah. Menyederhanakan desain carport tidak sulit, yang cukup sulit adalan membuatnya selaras dengan tema desain rumah kita.



Kita sering melihat disebuah kawasan perumahan dengan design minimalis, hadir beberapa rumah membuat carport dan kanopi dengan desain berbeda tema dengan tema desain rumah. Alhasil, rumah itu menjadi tidak karuan, dan fasad menjadi tidak bertema dan terkadang menjadi tidak enak dipandang.



Men-serasikan desain carport dengan desain rumah tidak perlu mahal, kita bisa melakukan dengan biaya relatif murah. Hanya tinggal menentukan atau mencari desain yang cocok dengan desain rumah kita. Jika desain rumah kita minimalis, pilih desain carport yang minimalis juga, dengan tidak menggunakan motif atau ukiran.

Perencanaan Desain Carport Canopy 
terdiri atas bagian lantai, dinding, dan struktur penahan atap, serta rangka penutup atap. Bagaimana struktur atapnya?

Struktur penahan rangka atap Canopy carport  dapat dikategorikan menjadi tiga tipe:



Struktur menempel sebagian :Canopy  yang berada sangat dekat dengan bangunan utama akan memiliki keuntungan. Rangka atap dapat dibuat menempel dengan rumah. Cara ini membuat biaya konstruksi carport lebih hemat. Hanya dengan dua titik penopang, carport sudah cukup kokoh. Agar tampilan menarik, konstruksi carport sebaiknya menggunakan sistem dan material yang sejalan dengan konstruksi rumah serta fasad utama.

Struktur gantung : struktur gantung merupakan struktur kantilever dengan sling besi ataupun sling baja. Sistem ini memungkinkan penutup atap menggantung bebas tanpa membutuhkan kolom tambahan. Diperlukan material yang ringan untuk rangka atap dan penutupnya. Struktur semacam ini biasanya menggunakan jenis atap datar.